Rabu, 30 Maret 2011

sejarah barong landung di bali www.yudik.net

Sejarah Barong Landung di Bali


Teks I Made Bande, Foto Team2Art
Sebelum membahas Barong Landung lebih rinci, ada baiknya digambarkan secara singkat sejarah barong-barong di Bali.
Penggambaran itu memperlihatkan kedudukan Barong Landung sebagai bahasan utama sajian ini. Barong, apa pun wujudnya, menggunakan topeng yang berbeda bentuknya satu sama lain, memiliki watak dan ikonografi yang unik. Istilah topeng atau tapel sudah tua umurnya dan diuraikan dalam beberapa prasasti kuna di Bali.
Prasasti-prasasti tua yang menyebutkan adanya pertunjukan topeng di Bali adalah prasasti Bebetin. Prasasti berangka tahun 896 Masehi (sebelum raja Ugrasena) ini menyebutkan pertunjukan topeng sebagai atapuka. Adapun prasasti Pandak Bandung menyebutkan pertunjukan topeng sebagai atapukan.
Raja yang mengeluarkan prasasti itu adalah Raja Anak Wungsu. Dia memerintah Bali pada tahun 1045-1071 Masehi. Masih banyak prasasti lain di Bali menyebutkan pertunjukan topeng dan istilah topeng selalu dikaitkan dengan kesenian lain, seperti gamelan, nyanyian, dan tari-tarian.
Di samping prasasti, banyak buku memuat mengenai pertujukan topeng di Bali. Misalnya, buku Pararaton yang menyebutkan topeng sebagai anapuk. Kitab Kidung Sunda menguraikannya dengan istilah anapel. Buku Negara Kertagama menyebutnya sebagai raket.
Menurut ikonografi (ekspresi, warna, dan hiasan), kini di Bali ditemukan sedikitnya sembilan kelompok seni pertunjukan memakai topeng. Masing-masing memiliki sejarah dan fungsi penting dalam masyarakat. Adapun kelompok seni pertunjukan itu meliputi Topeng Brutuk, Barong Ket, Barong Landung, Barong Kedingkling, Wayang Wong, Topeng Rangda (Calonarang), Topeng Bidadari, Topeng Gajah Mada, dan Topeng Babad (Pajegan dan Panca).
Barong adalah topeng berwujud binatang mitologi yang memiliki kekuatan gaib dan menjadi pelindung masyarakat Bali. Dilihat dari ikonografi topeng-topeng Barong di Bali, nampak adanya perpaduan antara kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali Kuna, khususnya kebudayaan Hindu bercorak Budha.
Topeng-topeng barong seperti itu terdapat pula di negara-negara penganut agama Budha, seperti Jepang dan Cina. Di daerah Asashi, provinsi Iwate, Jepang, topeng-topeng Si-shi dan topeng-topeng binatang lainnya sampai saat ini masih dipentaskan untuk upacara ritual, khususnya upacara memohon keselamatan dari para leluhur dan upacara menurunkan hujan.
Pementasan dilakukan setahun sekali dalam upacara di kuil-kuil penyembahan leluhur. Puluhan topeng-topeng binatang ditampilkan dan dihadiri ribuan masyarakat Jepang. Pementasan-pementasan Si-shi seperti itu diiringi musik tradisional Jepang seperti berjenis-jenis kendang besar (daiko), kendang kecil (kakko), seruling (hichiriki), kepyak kayu (sakobioshi), dan juga dilantunkan nyanyian sakral yang dibawakan oleh kelompok ahli masyarakat Jepang.
Di Cina, kepercayaan terhadap naga yang dianggap memiliki kekuatan gaib sudah tua umurnya. Contoh, naga-naga dalam kebudayaan Zaman Batu Baru (Neolithic) dilukis pada vas-vas bunga dan diukir pada batu geok. Pada Zaman Perunggu (Bronze Age) di Cina, naga-naga diasosiasikan dengan kekuatan dan manifestasi alam semesta, seperti angin, kilat, dan petir.
Pada masa bersamaan, naga-naga juga dikaitkan dengan penguasa kuat dan pendeta sakti. Dengan munculnya penguasa tangguh pada masa dinasti Han, naga dijadikan simbol kekuasaan kerajaan dan tradisi itu masih berlangsung sampai sejarah Cina kontemporer. Naga dicatat dan dinyatakan sebagai binatang sangat sakti. Termasuk Penguasa Sorga pun tak mampu menandingi kekuatan naga.
Pada masa dinasti Tang dan Chung (Song), tradisi melukis naga-naga dimaksudkan untuk menurunkan hujan. Bagi Zen Budha, naga itu adalah simbol pencerahan agama. Naga rupanya memberi inspirasi munculnya Barong Sae di Bali di kuil-kuil tempat persembahyangan. Naga juga digunakan sebagai hiasan pelawah gamelan Bali.
Demikian juga dalam upacara plebon atau pembakaran jenazah keturunan raja-raja di Bali. Naga bernama Nagabanda biasa digunakan untuk mengantar arwah sang meninggal ke surga

klif terkini lagu pop bali

Tuesday, January 6, 2009

Nanoe Biroe Transisi Mimpi

Tridatu Transisi Mimpi Nanoe Biroe Untuk mengobati rasa penasaran fans nanoe Biroe terhadap album TRIDATU nanoe Biroe yang molor beberapa bulan, akhirnya nanoe dibawah bendera Jayagiri Production merilis VCD Transisi Mimpi yang merupakan preview pembuatan album Tridatu. VCD ini saat ini sudah bisa didapatkan diseluruh outlet penjualan kaset. Namun sangat disayangkan, VCD yang dirilis dengan tujuan yang baik inipun sekarang sudah banyak dibajak dan bisa didapatkan dilapak-lapak yang menjual VCD bajakan.

Dalam VCD ini digambarkan bagaimana kegiatan nanoe dalam penggarapan album spektakuler Tridatu yang akan memuat 33 lagu dengan 3 bahasa yaitu Bali, Indonesia dan Inggris. Selain itu juga dalam VCD ini juga dimuat beberapa lagu andalan yang akan dimuat dalam album Tridatu seperti Sing Ada Maling Ngaku, Cintamatisme dan beberaoa lagu andalan lainnya.

VCD ini sangat layak untuk dimiliki karena merupakan VCD pertama yang menampilkan artis Bali yang menyanyikan lagu dengan bahasa yang mix. Nanoe yang sempat kami hubungi menyatakan perlu banyak kesiapan waktu, tenaga dan mental yang kuat untuk menggarap album seperti ini karena begitu rumitnya pengerjaan sebuah album dengan 3 bahasa yang sampai saat ini belum pernah diluncurkan oleh artis nasional sekalipun. Rencananya album Tridatu ini akan dirilis dan dilempar keseluruh Indonesia dan mungkin sampai ke international.

Rizal selaku manager nanoe Biroe menyatakan optimis VCD transisi mimpi akan bisa memberikan kepuasan kepada fans nanoe yang selama ini merasa penasaran dengan lagu-lagu yang akan dimuat dalam album Tridatu.

Download MP3 Lagu Bali -Nanoe Biroe Transisi Mimpi :

Friday, December 26, 2008

Triple X (XXX) Sangut Delem

Grup Band Trio Rapper XXX atau Triple X di blantika musik pop modern Bali dengan lagu-lagu populernya di kalangan anak muda menjadikan grup musik ini semakin eksis.Perpaduan modern dan tradisional Bali pada setiap garapan lagu-lagu yang dinyanyikan menjadi warna dan identitas tersendiri bagi XXX (triple X) yang meluncurkan album keempat bertema “Sangut Delem”. Produser Jayagiri Pro, I Gusti Ngurah Nyoman Murthana di Sanur, Bali, Kamis mengatakan, dengan diluncurkannya album “Sangut Delem” (tokoh pewayangan) makin memantapkan jati diri dan posisi grup band ini dalam dunia musik pop Bali.
“Dalam album ini antara tema cinta dan tema-tema yang mengangkat kekayaan seni tradisional Bali makin seimbang. Sebut saja lagu Sangut Delem, Omed-Omedan, Sapunapi Gatra dan Lutung Megambel,” katanya.
Bahkan diakuinya mengawinkan seni pop modern dengan musik tradisional merupakan upaya Trio Rapper itu untuk melestarikan budaya tradisional Bali.
“Lewat lagu-lagu ini kami berharap nilai-nilai seni tradisional makin digemari dan dicintai masyarakat Pulau Dewata sehingga tetap lestari,” ucapnya.
Sementara Rahtut, vokalis band itu mengemukakan, bahasa Bali bukanlah hambatan pihaknya untuk mencoba sesuatu yang berbeda dalam berkarya, khususnya di dunia musik.
Ia mengatakan, ditengah tumbuhnya musik pop Bali yang menghadirkan berbagai jenis aliran musik, Trio Rapper berharap mampu membuat generasi muda mulai mencintai bahasanya sendiri, mengangkat gengsi bahasa Bali.
“Tak berlebihan bila lagu Bali telah menjadi tuan di rumah sendiri. Lagu daerah ini sudah merasuk ke sanubari orang-orang Bali, terlihat dari konser di berbagai tempat yang mampu membius penonton,” ucapnya.
Menariknya, beberapa lagu dalam album tersebut merupakan hasil komunikasi yang intens antara Trio Rapper dengan penggemarnya atau fansnya.
“Seperti lagu Sangut Delem merupakan karya dari penggemarnya, termasuk juga lagu Omed-Omedan yakni ritual tradisi berciuman massal kaum remaja yang digelar setiap tahun di Desa Sesetan, Denpasar Selatan,” kata Rahtut menambahkan.

Download MP3 Lagu Bali -Triple X (XXX) Sangut Delem :


Monday, October 13, 2008

Trio Kirani JAR

Trio Kirani JAR adalah group yang didukung oleh Gek Tri, Putri Bulan, dan Irene. Group ini selalu tampil memukau. Penampilan mereka didukung kekhasan vokal masing-masing personalnya dan koreografi yang ditata begitu oke. Dalam setiap lagu yang mereka dendangkan, perbedaan karakter vokal--yang menjadi kekuatan ketiga biduanita yang bernaung di bawah bendera Januadi Record ini menyatu harmonis. “Kami tunjukin semuanya. Karakter vokal kami beda, ini sebagai modal kami”, ungkap Gek Tri, yang punya nama lengkap A.A. Istri Rai Astriani. Beda karakter vokal yang khas dari ketiga penyanyi inilah yang mungkin melatari terpilihnya mereka, saat audisi yang digelar di markas Januadi Record di Celuk, Gianyar.

Audisi yang berhasil mereka lalui kemudian mengantarkan mereka menjadi personal Trio Kirani JAR.
Grup yang resmi terbentuk di awal Oktober 2006 ini meluncurkan album perdananya pada 1 Februari 2007. Albumnya diberi judul “Galak”, sama dengan judul lagu yang dijadikan unggulan.

Dalam album ini dikemas 10 lagu. Pencipta-pencipta lagu yang menyumbangkan karyanya dalam album ini antara lain, Dek Artha, Dewa Mayura, Gung Hoshi, Ary Kencana, Dek Ulik, dan Tut Asmara.

Menurut Gek Tri, kesepuluh lagu dalam album ini bertutur tentang cinta dan permasalahannya, seperti kisah dalam lagu “Galak”.
Diungkapkan lagi oleh Gek Tri yang mengidolakan Agnes Monica ini, tembang “Galak” berkisah tentang perangai seorang lelaki yang berubah.

Sebelum menikah, lelaki itu penuh cinta kepada kekasihnya. Namun, setelah menjadi suami, lelaki itu berubah suka marah-marah, galak kepada istrinya. Irene yang menjadi personal termuda dalam grup ini menambahkan, tembang “Galak” sudah dibuatkan video klipnya sebagai salah satu upaya promosi. Disamping “Galak”, lagu “Suba Kebal” juga sudah mempunyai video klip yang ditayangkan di Bali TV.

Ditambahkan oleh gadis yang kini duduk di bangku kelas satu SMA 1 Kuta ini, proses syuting video klip yang dijalaninya sangat menyenangkan.
Selain promo lewat video klip, Trio Kirani JAR juga tampil dalam beberapa konser yang digelar di beberapa tempat di Bali, seperti Negara, Gianyar, Nusa Dua, dan Jimbaran.

Ketika ditanya, apakah kesibukan mereka manggung tidak mengganggu jadwal sekolah dan kampus? Putri Bulan menjawab, kegiatan show sama sekali tidak mengganggu kegiatan reguler akademis mereka.

“Nyanyinya pasti malam,” ujar Putri Bulan yang masih tercatat sebagai mahasiswi semester dua Jurusan Akuntansi FE Undiknas.

Pernyataan ini juga didukung Gek Tri yang mengatakan kalau kegiatan menyanyi grupnya tidak ada bentrokan dengan jadwal sekolah. Bagi ketiga personal Trio Kirani JAR, sekolah memang tidak menghalangi langkah mereka untuk berkarier di blantika musik Bali.

Seperti yang dicita-citakan Irene, mereka ingin terus berkarya, menghasilkan karya-karya yang lebih bagus lagi.

Download MP3 Lagu Bali -Trio Kirani JAR :

Lagu Bali - Trio Kirani JAR - Jurus Ampuh
Lagu Bali - Trio Kirani JAR - Ratu Sejagad

Tuesday, September 23, 2008

Rindik

Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional Bali yang terbuat dari Bambu yang pada nadanya adalah berdasarkan Selendro. Alat musik ini di pergunakan pada upacara perkawinan dan acara pertunjukan yang di kenal dengan nama Joged Bumbung. Tarian Joged Bumbung ini biasanya di iringi oleh sepuluh atau duapuluh orang yang memainkan gamelan, termasuk para penabuhnya dan bisa juga di pakai atau di mainkan di hotel-hotel untuk mengibur para tamu yang berkunjung ke Bali.

Download Rindik :
Rindik - Angklungan
Rindik - Gegineman
Rindik - Lelasan Galak
Rindik - Meduri Putih
Rindik - Padi Kuning
Rindik - Sekar Pucuk
Rindik - Sekar Tunjung
Rindik - Tabuh Telu

Ayu Saraswati

Ayu Saraswati adalah artis bali yang berhasil meraih Penyanyi Wanita Terbaik Tahun 2006 dalam ajang Bali Music Award 2006, dan makin mengukuhkan keberadaannya sebagai salah satu biduanita terbaik yang dimiliki Bali. Ayu saraswati memang pantas menyandang gelar itu. Prestasi ini bukanlah prestasi pertama yang diukirnya. Selama kurun waktu sembilan tahun berkecimpung di industri musik Bali, wanita yang akrab dengan sapaan ‘Ayu’ ini juga pernah dinobatkan sebagai ‘Penyanyi Wanita Terpopuler’ dalam Gita Denpost Award (GDA) 2003. Bersama rekan duetnya, Eka Jaya, Ayu juga pernah dianugerahi gelar ‘Duet Terbaik’ dalam ajang GDA. Sederet prestasi yang pernah diraih perempuan enerjik ini membuat dirinya dikenal sebagai salah satu penyanyi wanita papan atas di blantika musik Bali. Untuk mengukuhkan eksistensinya sebagai penyanyi, menyambung tali silahturahminya dengan penggemarnya, wanita yang terlahir dengan nama Ni Wayan Ayu Yuni Lestari ini berencana merilis lagi sebuah album solo. Album solo perdananya yang bertajuk ‘Sing Bani Mati’ dilempar ke pasaran pada pertengahan Januari tahun lalu.
Baginya, tentu album yang bakal dirilisnya itu bisa menjadi pengobat rindu untuk penggemarnya. Mengapa dalam kurun waktu lama Ayu belum merilis album baru? Kesibukan lain yang banyak menyita waktunya tentu menjadi alasan utamanya. Selain mengurus kedua buah hatinya, ibu dua anak ini juga sibuk dengan aktivitasnya sebagai seorang pramusiar di sebuah radio swasta di Tabanan. Sebagai penyiar senior, di radio tempatnya bernaung kini, Ayu pun menjabat sebagai kepala penyiar. Tak hanya cuap-cuap di depan mike di dalam studio yang membuatnya sibuk. Aktivitasnya kini sebagai presenter sebuah kuis yang ditayangkan di layar kaca Bali TV, turut menambah daftar panjang aktivitas yang mesti dijalaninya. Segudang aktivitas itu mempengaruhi proses penggarapan album solo keduanya.
Perihal albumnya itu, Ayu menuturkan, sudah terkumpul 8 buah lagu, 3 di antaranya lagu yang diciptakan teman duet setianya, Eka Jaya. “Inginnya sih saya untuk di album ini, agak beda dengan yang sudah-sudah. Saya ingin biar anak-anak panti asuhan itu biar ikut nyanyilah bareng saya,” harapnya. Apakah dalam album solo keduanya ini, Ayu akan kembali melantunkan 1 tembang duet bersama Eka Jaya? “Mungkin di situ bakal ada duetnya,” jawabnya ringan.
Pelantun tembang hit ‘Mabunga-bunga’ ini memang ngetop sebagai pasangan duet penyanyi asal bumi serombotan, Klungkung itu. Selanjutnya dijelaskannya perihal dirinya yang kerap berduet dengan Eka Jaya. “Karena produser juga. Karena merasa vokal cocok juga. Karena dia juga sahabat,” katanya.
Ayu juga mengungkapkan, menyanyi solo maupun duet bukan masalah baginya. Keduanya disukainya dan dinikmatinya, seperti halnya aktivitas rumah tangga, pramusiar, dan presenter yang dilakoninya kini. Meski hari-hari Ayu sudah padat dengan seabrek kegiatan, tetapi ia masih ingin mengisi harinya dengan belajar mendalang.
Lagu Ayu Saraswati yang pernah menjadi hits adalah : Ayu Saraswati - Lamis, Ayu Saraswati - Muani sujati, Ayu Saraswati - Nagih Palas, Ayu Saraswati - Pituduh, Ayu Saraswati - Tresnane Sepel Pedidi, Ayu Saraswati & Eka jaya - Saling Sayang.

Download MP3 Lagu Bali - Ayu Saraswati :

Lagu Bali - Ayu Saraswati - Lamis
Lagu Bali - Ayu Saraswati - Muani Sujati
Lagu Bali - Ayu Saraswati - Nagih Palas
Lagu Bali - Ayu Saraswati - Pituduh
Lagu Bali - Ayu Saraswati - Tresna Sepel Pedidi
Lagu Bali - Ayu Saraswati dan Eka Jaya - Saling Sayang

Tuesday, September 2, 2008

4WD Band

4WD Band akan selalu berusaha meningkatkan kulitas musiknya agar semakin dikenal oleh masyarakat,” terang Raff, vokalis 4WD. Lagu - lagu 4WD Band yang lagi Hits adalah : ABG Vs Tante, Bacul, Luh Jepun, Tetangisan Gumi, Pajeng Sengkala, Lara Hati, Satya Matilar, Dogy Susy, Baang Jawaban, Luh Mai Luh, Satya Matilar II, Sugih Apeteng, Asyik - Asyik Dogen, Ugag Ugig, Tresna Mepadu, Ngantosang Janda.

4WD Band dengan lagu-lagu hitnya sudah mulai dipadati penonton. Tentu saja aksi panggung sederetan artis pop Bali ini mendapat aplaus penonton sekitar 30 ribu orang lebih. Puncak kegembiraan warga Denpasar ditumpahkan ketika artis idolanya seperti Triple X dan Lolot naik panggung dengan tembang andalan masing-masing. Penonton tanpa komando mereka ikut menyanyikan setiap idolanya melantunkan lagu yang tidak asing dipendengaranya. Primanya penampilan artis pop Bali didukung tata lampu dan tata suara berkekuatan 50.000 watt.

Penonton juga diajak ikut jingkrak-jingkrak saat Triple X mempersembahkan lagu-lagu hitnya seperti “cupak gerantang". Aksi panggung porsonel tiga bersaudara ini benar-benar dinikmati para pengemarnya, termasuk anak kecil yang mengikuti gaya idolanya di atas panggung.

Download MP3 Lagu Bali - 4WD Band :

Lagu Bali - 4WD – ABG Vs TAnte
Lagu Bali - 4WD – Bacol
Lagu Bali - 4WD – Luh Jepun
Lagu Bali - 4WD – Tetangisan Gumi
Lagu Bali - 4 WD – Pajeng Sengkala
Lagu Bali - 4WD – Lara Hati
Lagu Bali - 4WD – Satya Matilar
Lagu Bali - 4WD - Dogy - Susy
Lagu Bali - 4WD – Baang Jawaban
Lagu Bali - 4WD – Luh Mai Luh
Lagu Bali - 4WD – Satya Matilar II
Lagu Bali - 4WD - Sugih Apeteng
Lagu Bali - 4WD - Asyk-Asyik Dogen
Lagu Bali - 4WD - Ugag-Ugig
Lagu Bali - 4WD - Tresna Mepadu
Lagu Bali - 4WD - ngantosang Janda

Ary Kencana

Ary Kencana Tobat ? Paling tidak demikian gambaran awal dari album ketiga lajang asal Desa Muncan, Karangasem, bertajuk "Tobat" tersebut. Empat pencipta lagu turut menyumbang lagu pada album teranyar ini.
Kini sudah banyak lagu yang beredar di pasaran, rasanya setiap akan menciptakan lagu, sudah ada yang punya. Itu sebabnya saya minta bantuan rekan-rekan yang lain," jelas lajang berusia 26 tahun itu. Keterbatasan waktu juga menjadi kendala Ary dalam mencipta lagu. Karena keseringan manggung, Ary mendapat teguran dari bos tempatnya bekerja. Ary merupakan guide Korea di salah satu perusahaan di Denpasar. "Bos bilang, 'kamu mau jadi guide atau penyanyi?' Kalau sudah sampai keluar pernyataan begitu, saya mesti meluangkan waktu di kantor," papar Ary.
Tut Asmara selaku produser tentu tak ingin terlalu lama menunggu, jika hanya tergantung pada sang penyanyi. "Dulu, seperti pada album 'Kutang Rerame', Ary cukup rajin menyetor lagu. Sekarang, diminta satu dalam dua bulan belum tentu selesai," jelas Tut Asmara. Dampak dari kerja bareng itu ternyata cukup positif, terutama pada respons akan kenaikan BBM kini. Biasanya, dalam satu kaset paling banyak berisi 10 lagu, tapi kini 12 lagu. "Supaya masyarakat tak terlalu diberatkan akan kondisi sulit ini, kami memberi bonus dua lagu tambahan," lanjut Tut Asmara.
Kini, ciri khas Ary Kencana yang melankolis sedikit berubah. Pada lagu "Tobat", mulai ada sentuhan nuansa R&B di dalamnya. "Lagu itu punya makna spesial. Seseorang telah menyadarkan saya. Dia banyak memberi inspirasi pada karier saya," ungkap Ary. Siapakah seseorang itu? Ary yang melejit lewat duetnya dengan Dek Ulik pada lagu "Punyan Biu" itu hanya menjawab dengan senyum penuh arti. Sentuhan Kadek Artha selaku arranger, sanggup menerjemahkan maksud dari lagu bersangkutan.
Download MP3 Lagu Bali - Ary Kencana
Lagu Bali - Ngalih Sentana - Ary Kencana

10 tempat pling anngker di indonesia versi www.yudik.net

__________________________________________________

RUMAH PONDOK INDAH


Lokasi         : Jln. Metro Pondok Indah, Jak-Sel
Fenomena  : Penampakan hantu bapak-bapak dan perempuan.

Sejarah      :
Details: show
Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya. Konon katanya, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah keluar lagi. Mengenai sejarah rumah itu, konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis. Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma.

Testimonial:
Details: show
Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gulai dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai bapak-bapak hilir-mudik di halaman depan rumah ini.

__________________________________________________

TAMAN KOTA LANGSAT, MAYESTIK


Lokasi       : Di belakang pasar burung Barito Jak-Sel.
Fenomena : Kuntilanak dan genderuwo

Sejarah     :
Details: show
Taman Langsat ini sebenarnya merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri. Hanya saja, tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Karena sepi, taman kota ini pun menjadi angker, terutama pada malam hari. Konon pada malam hari, warga kerap melihat kuntilanak di pohon-pohon di taman Langsat.

Testimonial:
Details: show
Kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi barang baru bagi Ibu Rahmat (34), penjual rokok di tepi taman Langsat, yang sudah 25 tahun membuka kios rokok tersebut. Suatu ketika, tamu yang sedang kongkow di warungnya pernah pamit pada jam 1 pagi karena mengaku melihat genderuwo. Setiap kali berjaga malam, Syamsuri (21), Satpam yang telah bertugas selama 3 tahun di Taman Langsat, sering mencium bau-bau aneh dan mendengar suara-suara tertawa yang tak jelas sumbernya.

__________________________________________________

RUMAH KENTANG PRAPANCA

Lokasi        : Jln. Dharmawangsa 9, Jak-Sel, persis di sebelah salah satu club terkemuka di daerah ini.
Fenomena : Hantu anak kecil

Sejarah      :
Details: show
Konon, di rumah ini ada seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Apabila Anda sedang 鈥榤ujur'dan lewat di depan rumahnya, Anda dapat mencium aroma kentang rebus dan mendengar suara anak kecil menangis.

Testimonial :
Details: show
Agip (24) sudah menjaga kios rokok di depan rumah ini sejak tahun 1997. Agip mengaku sering mencium aroma kentang rebus, terutama menjelang malam, meskipun rumah kosong ini sempat ramai karena disewa oleh ekspatriat.

__________________________________________________

LINTASAN KERETA BINTARO

Lokasi         : Bintaro, Jakarta Selatan
Fenomena  : Makhluk menyeramkan korban tabrakan kereta

Sejarah      :
Details: show
Pada 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di dekat Stasiun Sudimara, Bintaro. Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.

Testimonial :
Details: show
Imam (31), teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihat makhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski kereta sudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi seperti sengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan pemotongan kerbau. Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zaman kolonial, dan kuntilanak melintas di rel.

__________________________________________________


JEMBATAN ANCOL


Lokasi       : Jembatan Ancol (eks jembatan goyang), Pantai Ancol, dan daerah lain sekitar Ancol, Jak-Ut
Fenomena: Siti Ariah Si Manis Jembatan Ancol (populer dengan sebutan Maryam setelah kisahnya diangkat ke layar kaca)

Sejarah     :
Details: show
Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah dimulai puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupa empang-empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebut dengan daun. Keterangan ini didapat dari Kostan Simatupang (65), seorang fotografer keliling di Ancol, teman dari pendayung perahu tadi.

Testimonial:
Details: show
Anshori (38), penjual rokok di dekat pintu keluar Ancol, mengaku pernah melihat Siti Ariah dari dekat. Ia membuka pertama kali kios rokoknya di sini pada 1990, tepatnya di samping jembatan goyang. Saat itu malam Jumat, Anshori sedang menunggui kiosnya, agak gerimis. Sekitar pukul 1 pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh, perempuan itu berbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshori menyapa perempuan yang dikiranya calon pembeli dagangannya itu. Jarak Anshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm. Menurut Anshori, perempuan itu berwajah manis, serta memakai kemeja kuning dan rok abu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang. Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Semenjak kejadian itu, Anshori merasa dagangannya kian laku dan rejekinya semakin lancar.

__________________________________________________

KLENDER

Lokasi       : Klender, Jak-Tim
Fenomena: Makhluk korban kebakaran kerusuhan Mei 1998.

Sejarah     :
Details: show
Saat kerusuhan Mei tahun 1998, ada salah satu pertokoan di daerah Klender yang dijarah dan dibakar massa. Kebakaran ini menyebabkan ratusan korban jiwa, di antaranya pegawai pertokoan, pengunjung, dan para penjarah. Usai kerusuhan tersebut, dilaporkan banyak kejadian aneh, misalnya, segerombolan orang menyetop angkot di depan pertokoan, ketika sudah jalan sekitar 100 meter, semua penumpang angkot tersebut wajahnya berubah menjadi hangus. Semenjak pertokoan ini dibangun dan ramai kembali di tahun 2000, sudah tidak banyak lagi kejadian mistis di sekitarnya. Ini mungkin juga karena warga masih menghormati dan memperingati hari berkabung setiap tanggal 14 Mei. Namun demikian, menurut penuturan warga, jika Anda duduk sendiri di sebelah booth telepon koin di halaman pertokoan pada malam Jumat pukul 1 pagi, Anda akan ditemani oleh sosok lain di dekat Anda. Dahulu, sekitar 15 jenazah korban kerusuhan sempat ditampung sebelum dievakuasi di sekitar telepon umum tersebut.

Testimonial:
Details: show
Ali (21) warga asli Klender, pada 2002, bersama dua orang sepupunya melakukan ghost-hunting di basement salah satu pertokoan di daerah Klender. Saat itu hari Rabu malam, ia membakar kemenyan dan madat, serta membawa sesajen berupa kopi hitam. Sekitar jam 2 pagi tercium bau daging terbakar yang sangat menyengat. Tak berapa lama kemudian, muncullah dua sosok makhluk; yang satu penuh darah di sekujur tubuhnya, yang satu lagi hangus terbakar dengan tubuh yang tak lengkap.

__________________________________________________


TEROWONGAN CASABLANCA


Lokasi       : Jln. Basuki Rachmat, Jak-Tim
Fenomena : Sosok menyeberang jalan, di antaranya nenek-nenek bersama cucunya dan perempuan cantik.

Sejarah     :
Details: show
Dibangun di atas tanah pekuburan, terowongan Casablanca terbilang angker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh. Dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan. Menurut warga, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk 鈥渕enyapa"penghuni terowongan. Akhir tahun 90-an, seorang laki-laki separuh baya ada yang menggantung diri dengan spanduk di sini. Jadilah tempat ini semakin angker.

Testimonial:
Details: show
Menurut Ibu Yati Mustofa (43), warga yang tinggal di dekat terowongan Casablanca, warga kerap mendengar suara tangisan, ketika sumber bunyi dihampiri, suara itu berpindah-pindah

__________________________________________________

LUBANG BUAYA

Lokasi      : Pondok Gede, Jak-Tim
Fenomena: Arwah korban G.30S dan aura penyiksaan yang masih terasa.
Sejarah     :
Details: show
Pada 30 September 1965, ditemukan jenazah 6 brang jenderal dan seorang letnan TNI dikubur di dalam sumur ini. Di sebelah sumur tersebut, terdapat ruang yang 7 di dalamnya terisi patung patung patung replika dan terdengar suara yang menceritakan penyiksaan terhadap ketujuh pahlawan tadi. Di sebelah ruangan tadi terdapat dua rumah lengkap dengan perabot asli. Rumah-rumah tadi disebut sebagai pos komando dan dapur umum pasukan PKI. Kemudian, dibangunlah Monumen Pancasila Sakti untuk menghormati jasa ketujuh pahlawan tadi.

Testimonial:
Details: show
Hartono (48), warga Lubang Buaya, sudah tak asing lagi dengan cerita penampakan di sekitar lokasi museum dan sumur. Dia banyak mempunyai teman yang bercerita pernah melihat sosok kuntilanak bila melewati daerah Lubang Buaya di malam hari. Namun dia tak pernah menyaksikan sendiri. Seorang petugas penjaga loket Sumur Maut yang tidak mau disebutkan namanya mengaku pernah mendengar suara derap sepatu boots seperti tentara yang sedang berbaris di suatu malam.

__________________________________________________

TPU JERUK PURUT

Lokasi       : Kelurahan Jeruk Purut, Jak-Sel
Fenomena: Pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanak-laki, and if you鈥檙e lucky, Pastur Kepala Buntung.

Sejarah    :
Details: show
Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam. Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekor anjing. Konon, pastur ini 鈥渟alah pulang" Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam. Sapri Saputra, penjaga makam yang melihat pastur kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksian Bapak Sapri ini kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini 鈥淪ang Pastur Kepala Buntung"menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).

Testimonial:
Details: show
Sejak kecil, Asmari (34), juniornya Bapak Sapri, telah terbiasa tinggal di areal pemakaman Jeruk Purut. Ayahnya adalah pegawai Pemda yang bekerja di sana. Semenjak lulus SD (1986), Asmari menjadi pengurus makam non-karyawan TPU Jeruk Purut mengikuti jejak ayahnya. Menurut Asmari, pengalaman bertemu dengan makhluk-makhluk gaib merupakan hal yang biasa baginya; mulai dari pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanak laki, dan lain-lain. Akan tetapi, hingga saat ini dia belum pernah bertemu dengan Sang Pastur Kepala Buntung. 鈥淵ang paling jahil itu kuntilanak-laki," tutur Asmari. Ketika sedang ronda, Asmari pernah ditimpuki kerikil dari atas pohon melinjo oleh makhluk ini. Tapi, dari semua pengalaman Asmari bertemu dengan makhluk gaib, yang paling menarik adalah ketika bertemu dengan tuyul. Pada suatu hari menjelang malam di tahun 1986, Asmari hendak pulang ke rumah bersama ayahnya. Mereka melihat seorang anak kecil telanjang bulat berlarian di antara makam sambil tertawa-tawa. Anak itu lalu berteriak meminta uang pada Asmari. Asmari heran karena anak itu tak dikenalnya, sementara ia mengenal semua penduduk di kampung belakang Jeruk Purut. Dulu memang hanya ada satu kampung yang penduduknya tidak terlalu banyak. Ketika ditanya latar belakangnya, anak kecil mi malah lari ke dalam keramat, sebuah rumah makam tradisional Betawi. Asmari mengikutinya hingga ke dalam keramat dan, bisa ditebak, anak itu menghilang.

__________________________________________________


RS DI JALAN SALEMBA

Lokasi       : RS di Jln. Salemba, Jak-Pus
Fenomena: Suster ngesot

Sejarah    :
Details: show
Konon di sinilah asal-usul Suster Ngesot. Selai itu, banyak juga kasus penampakan yang terjadi di bangunan rumah sakit yang cukup tua ini.

Testimonial:
Details: show
Menurut petugas Secure Parking yang tidak mau disebutkan namanya, setiap malam sekitar pukul 2 pagi, sering ada yang mengetuk pos pintu masuk yang terletak di dekat rumah duka. Namun ketika dicek, tidak ada siapa-siapa. Di UGD sering terdengar bunyi orang main air, ketika dicek juga tidak ada siapa-siapa. Para satpam yang berjaga malam pernah menemui sosok perempuan. Ketika melihat sosok ini, mereka seperti tersihir dan tidak bisa berteriak atau lari hingga perempuan ini lewat.

versi penampkan www.yudik.seram.com




Mengapa setan lebih kuat daripada hantu, atau manusia meninggal? Tergantung pada keyakinan kita, kita dapat memahami mengapa malaikat, diberkati dengan kekuatan dari dimensi yang lebih tinggi yang mungkin lebih kuat dari manusia meninggal, tapi mengapa setan? Bahkan, mengapa baik badan karena kita juga adalah kain kosmik yang sama? Jika saya punya jawaban itu akan "pengalaman" atau bahwa mereka telah berada di alam yang begitu lebih lama lagi. Ketika kami menyeberang, yang relatif wilayah baru bagi banyak jiwa. Untuk setan dan malaikat, ini sudah lama habitat mereka mengalami dan rumah. Setan itu licik dan malaikat tercerahkan. Sungguh, Anda dapat menganggapnya sebagai orang dewasa / baik buruk (setan / malaikat) yang berhubungan dengan anak yang berpengalaman (hantu). Mereka memegang pengalaman kita kekurangan dan penuh dengan trik (setan), atau mukjizat (malaikat) yang baik menginspirasi atau menakut-nakuti kami. Saya juga berpikir mukjizat dan trik yang melekat dalam diri kita juga, tetapi mereka lebih mudah diakses dan producible oleh makhluk karena ini adalah apa yang mereka telah lakukan selama banyak kali kehidupan. Saya pikir kemampuan kita dan kesalahan adalah mikrokosmos dari mereka.

Dengan ini mengatakan, itu tidak berarti bahwa hantu tidak bisa menjadi hal yang sangat malaikat dan iblis. Entitas, sekali manusia, bisa turun atau naik ke karakteristik baik. Seorang anak, sekali dicintai di bumi, dapat kembali dan mengangkat roh (harfiah) dari mereka sayang paling untuk itu dan disebut malaikat. Seseorang yang telah menyeberang dari keadaan irreparably menyakitkan dapat spiral ke negatif dan melakukan hal-hal setan.

Kita bisa menduga bahwa untuk menjadi setan atau malaikat, versus hantu, adalah tahap lanjutan dari positif atau negatif, sementara hantu lebih berpengalaman dan netral. Pada waktunya, kami juga akan malaikat atau setan, tergantung pada jalan jiwa kita membutuhkan.

12 hantu ter nama versi yudik.net

1. Kuntilanak
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Sosok kuntilanak di gambarkan dalam bentuk “wanita cantik”. Kuntilanak di gambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu di iringi harum bunga kamboja. Konon laki-2 yang gak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.
Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak di gambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir. Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja.
Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut “sundel bolong”. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”.
2. Sundel Bolong
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia di gambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Di gambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-2 tubuh bagian perut terlihat.
Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.
3. Tuyul
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Tuyul [bahasa Jawa: thuyul] dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang gak di sepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial [dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin], serta bersuara seperti anak ayam.
Tuyul dapat di pekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri [uang]. Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.
Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-2 : gemar bermain [seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.].
4. Pocong
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Penggambaran pocongkkkk bervariasi. Dikatakan, pocongkkkk memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocongkkkkkkkkkk berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.
Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocongkkkk merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa di buka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. Meskipun pocongkkkk dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocongkkkk malah menyatakan pocongkkkk bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-2 pemeran pocongkkkk gak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat.
Kepercayaan akan adanya hantu pocongkkkkk hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.
5. Genderuwo
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Genderuwo adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa [orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan orang Jawa menyebutnya “gendruwo”].
Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di “Hutan Jati Donoloyo”, kecamatan Sloghimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo sekitar 60 km ke barat Yogyakarta.
6. Wewe Gombel
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-2 yang ditelantarkan dan di abaikan oleh orang tuanya.
Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.
Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari “seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya”. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.
Disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada.
Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.
7. Leak
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak.
Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-o2 dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.
8. Rangda
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik. Di ceritakan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari “ratu Manendradatta” yang hidup di pulau Jawa pada abad yang ke-11. Ia diasingkan oleh “raja Dharmodayana” karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja tersebut.
Menurut legenda ia membalas dendam dengan membunuh setengah kerajaan tersebut, yang kemudian menjadi miliknya serta milik putra Dharmodayana, Erlangga. Kemudian ia digantikan oleh seseorang yang bijak. Nama Rangda berarti juga janda. Rangda sangatlah penting bagi mitologi Bali.
Pertempurannya melawan Barong atau melawan Erlangga sering ditampilkan dalam tari-tarian. Tari ini sangatlah populer dan merupakan warisan penting dalam tradisi Bali. Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.
9. Kuyang
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia [wanita] yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.
Pada siang hari, seorang kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk di hisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya.
Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar, Untuk menghadapinya korban perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan.
10. Palasik
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Palasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi.
Palasik sangat ditakuti oleh ibu-2 di di Minangkabau yang memiliki balita, karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati [dikubur], tergantung dari jenis palasik tersebut.
Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik.
Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannya berjalan mencari makan dan ada pula yang kepalanya melayang-2 mencari makan.
11. Orang Bunian
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Orang bunian adalah sejenis makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.
Istilah ini dikenal di wilayah Istilah orang bunian juga terkadang dikaitkan dengan istilah dewa di Minangkabau, pengertian dewa dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam agama-2 Hindu maupun Buddha. Dewa dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan atau di rimba, di pinggir bukit, di dekat pekuburan.
Biasanya bila hari menjelang maghrib di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama masakan dewa atau samba dewa. aromanya mirip bau kentang goreng. Hal ini boleh ditanyakan langsung kepada masyarakat Minangkabau.
Satu hal lagi, dewa lebih dikonotasikan bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-2 seperti persepsi yang umum di agama lain. Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa; ada juga istilah orang dipelihara dewa, yang semenjak bayi sudah dilarikan oleh dewa. cerita ini masih masyhur sampai sekarang.
12. Jin
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
Jin (bahasa arab : ?? ) secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau “tidak terlihat”. Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.
Itulah 12 Daftar hantu paling seram di Indonesia yang sering terjadi kita dengan dalam kehidupan nyata ataupun di gambarkan dalam sebuah film. Buat kamu yang suka takut sama hantu, jangan keluar malam dah.
Berbagai sumber :
www.yudik.seram.com